APA ITU BRAINWARE?

Apa itu Brainware ? Brainware adalah seseorang yang menggunakan atau mengoprasikan perangkat komputer, dalam hal ini brainware adalah manusia. Fungsi brainware komputer sendiri ada bermacam - macam diantaranya adalah sebagai pengguna komputer, melakukan input data dan pemanfaatan output data , serta menyusun perangkat lunak dan perangkat keras komputer. 

Jenis Atau Contoh Brainware Berdasarkan Kemampuannya :

Literat

Merupakan pengguna komputer yang memiliki kemampuan untuk menggunakan atau mengoprasikan komputer, pengguna ini tidak memiliki kemampuan untuk menganalisis kerusakan komputer, memilih komponen - komponen terbaik untuk performa komputer bahkan mereka belum bisa untuk merakit komputer itu sendiri. Pengguna komputer ini hanya mampu mengenali fungsi dari komponen - komponen komputer dan menjalankan sesuai dengan fungsinya.

Kompeten

Merupakan pengguna komputer yang mempunyai kemampuan tidak hanya menggunakan komputer, mereka juga mampu untuk mengidentifikasi kerusakan, merakit komputer, memilih komponen - komponen terbaik untuk menghasilkan performa komputer terbaik, bahkan sampai merancang dan membuat sebuah sistem komputer dalam skala tertentu.

Jenis Brainware Komputer Berdasarkan Tugasnya :

Administrator / Operator

Merupakan jenis brainware yang bertugas untuk mengoperasikan sistem operasi dan juga aplikasi yang ada pada sebuah komputer atau sistem komputer.

Teknisi

Merupakan jenis brainware yang bertugas memperbaiki komputer, baik dan segi hardware maupun software, untuk menjadi teknisi harus mempunyai pengetahuan yang lebih agar dapat melakukan tigas - tugasnya.

Programer

Merupakan jenis brainware yang mempunyai tugas untuk membuat sebuah program aplikasi tertentu. Biasanya seorang programer hanya mentransformasikan rancangan software yang sudah didesign oleh seorang Analyst.

Sistem Analyst

Merupakan jenis brainware yang bertugas untuk mempelajari, merancang serta membentuk sebuah sistem komputer. Seorang Analyst dituntut mengetahui seluruh seluk beluk dari sebuah sistem komputer.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JARINGAN YANG BERDASARKAN HUBUNGAN FUNGSIONAL

PENGERTIAN JARINGAN PAN

MACAM MACAM WINDOWS DARI DULU HINGGA SEKARANG